Pilihan Genset Rumahan Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Non Industri

Listrik merupakan salah satu kebutuhan penting di masa ini. Berbagai macam perabotan rumah tangga membutuhkan daya listrik untuk dapat digunakan. Untuk itu ketika terjadi pemadaman dari pusat PLN maka semua perabotan rumah tangga tersebut tidak dapat berjalan seperti semestinya. Sekarang ini sudah berkembang sebuah alat yang dapat menyuplai tenaga listrik cadangan ketika terjadi pemadaman. Alat tersebut merupakan generator set atau yang lebih akrab disebut sebagai genset di kalangan masyarakat.

Genset pertama kali dibuat oleh Miracle Faraday yaitu pada tahun 1831 dan masih dalam bentuk yanh sangat sederhana. Namun saat ini ada beberapa macam jenis genset yang sudah dikembangkan sesuai dengan kebutuhannya. Berikut ini merupakan beberapa jenis genset rumahan atau non industri:

  1. Mesin Genset Gas

Rekomendasi genset rumah tangga yang pertama yaitu jenis mesin genset gas. Jenis genset yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang sedang mencari genset untuk non industri. Mesin genset ini menggunakan gas sebagai bahan bakar untuk menghasilkan tenaga listrik cadangan. Jenis gas yang bisa digunakan yaitu LPJ atau Liquid Petroleum Gas. Gas LPJ ini yang sering digunakan untuk memasak dengan kompor gas. Selain jenis gas LPJ, ada juga gas CNG atau Compressed Natural Gas juga bisa dimanfaatkan. Penggunaan gas CNG sendiri lebih ramah lingkungan karena memanfaatkan bahan-bahan organik untuk menghasilkan gas ini. Namun kekurangannya gas ini masih terbilang cukup mahal di pasaran.

  1. Mesin Genset Diesel

Pilihan genset rumahan terbaik yang selanjutnya yaitu genset dengan mesin diesel. Genset yang menggunakan mesin diesel sendiri merupakan salah satu jenis genset yang mudah dioperasikan bagi orang awam. Selain itu kelebihan dari genset dengan mesin diesel yaitu memiliki kapasitas watt yang cukup bervariatif dan terbilang tinggi. Rata-rata kapasitas watt yang dihasilkan dari mesin mesin genset diesel berkisar antara 5 KW sampai dengan 2 MW. Bahan bakar yang digunakan genset diesel sendiri yaitu solar.

  1. Jenis Genset Bensin

Tipe genset yang ketiga yaitu jenis genset bensin. Genset yang satu ini merupakan jenis genset yang paling direkomendasikan untuk kalangan rumah tangga. Pasalnya genset bensin merupakan genset yang memiliki harga cukup rendah jika dibandingkan dengan jenis genset yang lainnya. Terlebih penggunaan bahan bakar bensin mudah ditemukan dan lebih murah. Kapasitas watt yang dihasilkan dari jenis genset ini juga cocok untuk kalangan rumah tangga yaitu mencapai 10 KW.

  1. Mesin Genset Portable

Untuk genset rumah tangga penggunaan mesin genset portable merupakan salah satu pilihan yang tepat. Menggunakan genset dengan tipe mesin genset portable memiliki kelebihan mudah dibawa pergi kemana saja. Mesin genset portable sendiri biasanya memiliki ukuran yang relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis mesin genset yang lainnya. Untuk itu jenis mesin genset portable ini masih cocok di kalangan rumah tangga. Penggunaan mesin genset portable juga bisa digunakan dalam berbagai macam acara outdoor. Secara efektif dan efisien penggunaan mesin jahit portable yang mudah dipindah-pindahkan dapat menghemat waktu dan ruang.

Itu tadi beberapa rekomendasi genset rumahan yang sesuai dengan kebutuhan non industri. Setiap tipe mesin genset tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu penggunaannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain beberapa jenis genset yang di atas, masih ada beberapa jenis genset yang lainnya. Seperti contohnya yaitu genset dengan mesin turbin atau genset tata surya yang memanfaatkan adanya sinar matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *