Genset Cummins dengan Pilihan Tipe Open dan Silent

Genset sekarang ini telah hadir dengan beragam model. Berbagai brand berlomba menghadirkan genset dengan model dan spesifikasi berbeda untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Genset pun tidak lagi sebatas mesin yang akan dijumpai di perkantoran dan gedung-gedung besar atau pabrik. Saat ini, ada banyak juga rumah yang mulai memasang genset karena kebutuhan akan tenaga listrik semakin penting dan pemadaman listrik pun seringkali menjadi masalah yang cukup merepotkan. Dari sekian banyak brand yang ada, genset cummins terbaru adalah salah satunya. Brand yang satu ini sudah sangat dikenal di Indonesia. Bahkan, tidak sebatas di Indonesia saja, Cummins menjadi merk yang sudah sangat dikenal di berbagai negara sebagai produsen genset dengan kualitas yang tidak perlu ditanyakan lagi.

Banyak orang yang sering merekemondasikan Cummins sebagai brand yang harus dipilih ketika mencari genset. Ini bukanlah sekedar rekomendasi atau omongan belaka, tapi ini semua didasarkan pada fakta terkait performa dari berbagai produk yang telah dirilis oleh merk ini. Cummins merupakan produsen genset yang berpusat di Amerika Serikat, dan pasarnya telah meluas hingga berbagai negara. Salah satu daya tarik utama dari genset yang diproduksi merk ini adalah kekuatan atau daya tahannya yang sangat luar biasa. Semua orang pasti mengakui bahwa produk dari brand ini sangat kokoh dan tahan lama. Genset pun serasa menjadi investasi tersendiri karena mampu bertahan selama bertahun-tahun tanpa mengalami gangguan. Tanpa harus menggunakan perawatan khusus, genset dari Cummins selalu bisa diandalkan. Lebih lagi, pilihan kapasitas yang tersedia juga sangat banyak dan beragam.

Salah satu produk yang bisa dijumpai dari genset cummins adalah model 4B3.9G2. Ini merupakan genset dengan kapasitas 25 kVa dan sekaligus menjadi salah satu segmen kapasitas terendah dari brand ini. Genset yang satu ini hadir sebagai open type. Dengan kata lain, genset ini tidak hadir dengan box atau kerangka pelindung yang menutupi badan utama atau mesin dari produk ini. Orang akan bisa melihat dengan jelas kondisi mesin tipe ini, dan ini membuatnya sangat cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan atau indoor. Kalaupun digunakan di luar ruangan, tentu box atau pelindung harus ditambahkan agar faktor cuaca tidak menjadi pengganggu bagi performa genset ini. Genset ini menyediakan kapasitas sebesar 25 kVa atau daya sebesar 20.000 watt. Pasokan tenaga ini dihasilkan oleh mesin empat silinder yang digunakan. Untuk mendapatkan pasokan daya sebesar ini, konsumsi bahan bakarnya ada di kisaran 5.2 liter untuk setiap jam penggunaan.

Lalu, referensi genset dari Cummins selanjutnya adalah model 4BTA3.9G2. Ini merupakan genset dengan kapasitas yang lebih besar dari pada produk yang dibahas sebelumnya. Genset ini memiliki kapasitas 50 kVa. Selain perbedaan dari segi kapasitas, model genset ini merupakan kategori silent type. Berbeda dengan open type, silent type hadir dengan dilengkapi suatu box pelindung. Fungsi ini bukan sekedar sebagai pelindung ketika digunakan di area outdoor saja, tapi ini juga untuk mendukung fungsi silent yang disediakan. Dengan ini, genset tidak akan menghasilkan suara yang terlalu keras ketika sedang digunakan, sehingga suara bising tidak akan terlalu mengganggu. Dari segi daya, genset ini menghasilkan daya sebesar 40.000 watt. Ini dihasilkan oleh mesin 4 silinder yang digunakan, dan mesin ini pun merupakan model yang berbeda degan produk sebelumnya. Untuk konsumsi bahan bakarnya, genset cummins ini membutuhkan setidaknya 9.8 liter bahan bakar untuk setiap jam penggunaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *