Hubungan Genset dengan Panel AMF ATS

Di era yang modern ini, pemadaman listrik bukanlah hal yang perlu untuk diresahkan lagi. Dengan teknologi yang berkembang, kebutuhan daya listrik dapat kita peroleh melalui genset. Genset merupakan alat yang dapat menghasilkan daya listrik. Di pasaran, ada jenis dan tipe genset yang berbeda. Genset tipe silent dan tipe open menjadi tipe genset yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Genset open disebut pula dengan nama genset terbuka. Hal ini lantaran genset tidak dilengkapi dengan kanopi. Genset silent merupakan genset yang dilengkapi dengan kanopi dan busa peredam. Ketika kita menggunakan genset ini, kita tidak akan mendengar suara yang bising akibat keberadaan busa beredam. Di dalam kinerjanya, genset dapat dibekali dengan perangkat khusus. Perangkat khusus yang dimaksud adalah panel AMF ATS terbaik. Panel ini memiliki kaitan yang sangat erat dengan kinerja dari generator set.

Genset yang merupakan penghasil daya listrik ini dapat dioperasikan secara manual. Pada saat pengoperasian, kita harus menyalakan genset secara pribadi ketika terjadi pemadaman. Jika ingin menghidupkan genset secara otomatis, kita dapat mengandalkan panel AMF ATS. Panel ini dapat membantu kita untuk mengoperasikan genset secara otomatis. Panel ATS atau Automatic Transfer Switch merupakan rangkaian listrik yang berperan sebagai saklar. Jika terjadi pemutusan daya listrik mendadak, panel ini akan bekerja secara otomatis memindahkan sumber listrik dari genset. Genset di sini memiliki peran sebagai sumber listrik yang baru. Ketika daya lisrik dari sumber utama menyala kembali, panel ATS juga akan memutus sumber daya dari genset secara otomatis. Kita nantinya akan kembali menggunakan sumber listrik yang berasal dari pihak PLN. Perubahan sumber daya listrik terjadi secara otomatis tanpa harus kita melibatkan diri.

Cara kerja dari panel ATS ketika berhubungan dengan genset ada baiknya untuk kita ketahui. Dengan begitu, kita nantinya tidak perlu merasa cemas ketika menggunakan genset pada saat pemadaman listrik terjadi. Jika ingin memasang panel secara otomatis, kita harus memastikan terlebih dahulu jika panel ATS tidak berada dalam keadaan manual. Pada saat kondisi otomatis, panel nantinya akan bekerja sendiri ketika dibutuhkan. Komponen yang membuat genset hidup sendiri adalah modul AMF. Modul AMF juga harus kita atur secara otomatis. Keberadaan modul ini bersatu dengan bagian generator set. Panel ATS nantinya akan mengirim perintah atau sinyal kepada panel AMF untuk menyala. Ketika lampu padam, genset nantinya akan menyala secara otomatis.

Membahas mengenai panel AMF ATS, kurang rasanya jika kita belum membahas mengenai panel AMF atau Automatic Main Failure. Panel yang bekerja secara otomatis ini nantinya dapat membuat generator set menyala dan mati sendiri. Dengan kinerja dari panel ini, kita tidak perlu ikut campur dalam mengoperasikan genset nantinya. Pada saat pemadaman listrik terjadi, panel AMF akan menghidupkan generator set secara otomatis. Panel juga akan mematikan genset secara otomatis jika sumber listrik dari PLN terhubung kembali. Peristiwa ini tentunya dapat membantu kita untuk mengoperasikan genset secara otomatis. Dengan panel ini, kegiatan menyalakan dan mematikan generator set tidak perlu kita lakukan secara pribadi. Kebutuhan akan daya listrik dapat terpenuhi dengan baik akibat kinerja dari kedua jenis panel yang bekerja pada genset. Jika kita tidak ingin direpotkan dengan pengoperasikan generator set, kita sebaiknya mengatur panel AMF dan panel ATS secara otomatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *