Seluk Beluk Genset 1 Phase

Generator set atau lebih dikenal dengan nama genset merupakan sebuah perangkat yang dapat menghasilkan daya listrik. Alasan mengapa penghasil daya listrik ini dikenal dengan nama genset adalah karena keberadaan alternator dan engine pada satu perangkat yang sama. Engine sendiri merupakan alat pemutar sedangkan alternator merupakan perangkat pembangkit daya listrik. Genset banyak dimanfaatkan oleh masyarakat saat ini ketika berhadapan dengan pemadaman listrik. Masyarakat tidak akan kekurangan atau kesulitan untuk mendapatkan daya listrik ketika pemadaman listrik terjadi. Alat yang bermanfaat ini juga dapat menambah kebutuhan daya listrik bagi pengguna yang membutuhkan daya listrik tambahan. Berdasarkan dengan kapasitas tegangan, genset dibagi menjadi dua jenis yakni genset 1 phase terbaik dan generator set 3 phase.

Selain disebut dengan genset 1 phase, alat yang dapat menghasilkan daya listrik ini dikenal pula dengan nama genset fase tunggal. Alternator pada genset satu phase dilengkapi dengan dua jenis kabel keluaran. Kabel keluaran tersebut terdiri dari kabel netral dan kabel phase. Jika memperhatikan alternator pada genset ini, masyarakat dapat menemukan 1 buah kumparan yang dihubungkan secara seri. Untuk output voltage atau tegangan keluaran, genset ini memiliki tegangan keluaran sebesar 220 volt. Besar tegangan ini diukur melalui titik keluaran kabel netral dan kabel phase. Titik netral yang dimiliki oleh generator set 1 phase memiliki nilai potensial bukan 0. Meskipun demikian, selisih titik potensial diantara kedua kabel keluaran genset adalah 220 volt. Tak mengherankan jika kedua kabel yang ada pada genset akan menyala ketika ditest dengan menggunakan testpen. Meskipun menyala, kedua kabel keluaran memiliki nilai tegangan yang tidak sama.

Prinsip kerja dari generator set 1 phase adalah mengubah energi yang berasal dari bahan bakar ke energi mekanik. Energi mekanik selanjutnya akan dibuah oleh genset sehingga memproduksi daya listrik. Generator ini dihadirkan dengan dua jenis tipe, yakni generator DC dan generator AC. Generator AC atau alternator mampu menciptakan listrik bolak balik. Generator DC menghasilkan arus listrik yang searah. Karena dapat menghasilkan daya listrik, genset ini tidak hanya dapat digunakan untuk memenuhi listrik rumah tangga saja melainkan juga memenuhi kebutuhan listrik perkantoran, pabrik, rumah sakit dan bangunan besar lainnya. Genset juga sangat tepat digunakan oleh masyarakat yang tinggal di daerah terpencil dan kesulitan untuk mendapatkan saluran listrik dari PLN. Karena manfaatnya yang sangat baik bagi masyarakat, ada banyak masyarakat yang telah melengkapi rumahnya degan generator set 1 phase.

Sebelum menggunakan genset, masyarakat terlebih dahulu harus mengisinya dengan bahan bakar. Bahan bakar yang banyak digunakan untuk genset adalah solar dan bensin. Genset yang menggunakan solar sebagai bahan bakar utamanya memiliki torsi yang besar. Masyarakat tidak harus mengeluarkan biaya besar untuk membeli bahan bakar solar karena harga beli dari bahan bakar ini terbilang cukup bersahabat. Genset 1 phase juga dapat bekerja dengan menggunakan bahan bakar bensin. Untuk menggunakan bahan bakar ini, masyarakat perlu mengeluarkan dana yang lebih banyak ketimbang ketika menggunakan bahan bakar solar. Meskipun begitu, genset yang menggunakan bahan bakar ini memiliki kebisingan yang rendah. Kinerja genset dapat lebih lama bertahan ketika menggunakan bahan bakar bensin. Masyarakat dapat memilih bahan bakar berdasarkan dengan kebutuhan. Jika ingin genset dapat bekerja dalam waktu yang lama, bensin menjadi jenis bahan bakar yang tepat untuk digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *