Fungsi AVR Generator Pada Genset

Bila berbicara mengenai genset tentu saja pasti akan menjumpai istilah AVR generator. Ini merupakan sebuah komponen yang penting dalam sebuah genset.
AVR atau yang disebut dengan automatic voltage regulator merupakan sebuah komponen yang ada pada genset yang berguna untuk menjaga stabilitas tegangan pada listrik dari sebuah genset. Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk menjaga genset tetap bisa menghadapi beban listrik yang bisa berubah kapan saja. Seperti yang kita ketahui bahwa kondisi voltase rezeki itu tidak selamanya stabil kadang berada pada kondisi naik kadang berada pada kondisi turun.
Tidak hanya untuk menstabilkan tegangan saja akan tetapi AVR juga mempunyai berbagai macam fungsi yang lainnya. Berikut ini adalah penjelasannya yaitu:
o Digunakan sebagai alat untuk mengatur tegangan output generator pada generator listrik
o Sebagai stability dan juga pengatur tegangan listrik jatuh yang dijalankan secara paralel
o Digunakan sebagai sistem pengaman tegangan lebih yang terjadi pada sebuah generator
o Digunakan sebagai alat untuk mengatur output pada listrik AC 3 fase agar selalu dalam keadaan stabil.
AVR mempunyai prinsip kerja yang dibagi menjadi dua jenis. Ini berdasarkan eksistensi on pada alat tersebut. Itu adalah PMG – excited generator
Perbedaan dari dua jenis sistem tersebut adalah PMGterdapat tambahan magnet pada komponen nya. Sementara itu untuk excited generator tidak dilengkapi dengan PMG. Ini terdiri dari gulungan generator dan digunakan sebagai salah satu supply supaya bisa mengirimkan golongan exciter. Selain itu, tegangan yang diterima oleh AVR bisa digunakan sebagai sebuah sensor. Ini juga dapat digunakan untuk melihat seberapa besar tegangan listrik yang dihasilkan oleh generator.
Gulungan utama AVR generator pada sebuah mesin generator set memang sangat penting sekali. Ini akan membantu membuat kerja genset semakin menjadi optimal. Selain itu, komponen satu ini juga bisa digunakan untuk menjaga agar genset tetap awet dan tidak mudah rusak karena selalu menjaga alirannya tetap stabil dan terbebas dari guncangan arus listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *