Inilah Beberapa Keunggulan Dan Juga Kekurangan Dari Genset Diesel

Genset diesel terbaik sering sekali digunakan dan mempunyai banyak keunggulan. Beberapa gedung utama seperti supermarket, rumah sakit, industri, universitas dan lain sebagainya mengandalkan genset tersebut untuk mengatasi listrik PLN mati.

Sebagai pemilik genset alangkah lebih baik jika mengetahui cara pemeliharaannya. Untuk mengetahui cara pemeliharaannya maka Anda perlu tahu apa saja komponen yang terdapat pada genset. Dimana genset sendiri tersusun atas beberapa sistem diantaranya yaitu sistem pendingin, sistem pelumas, mesin dan masih banyak lagi.

Kinerja dari genset tergantung bagaimana perawatan, pengoperasian dan juga cara penyimpanan atau dimana genset diletakkan. Genset merupakan salah satu peralatan yang tidak murah terutama untuk genset yang masih baru. Sehingga harus dimanfaatkan dengan baik dan juga dirawat secara benar.

Dalam pengoperasian genset sendiri harus berpatokan pada buku panduannya. Begitu juga untuk merawat genset sebaiknya Anda banyak membaca dari internet atau belajar dari orang yang sudah berpengalaman atau tahu banyak hal tentang genset.

genset sendiri mempunyai banyak keunggulan yang mana sangat menguntungkan bagi para pengguna. Namun tidak dapat dipungkiri jika genset dengan jenis ini juga mempunyai banyak kekurangan. Keunggulan dan juga kekurangan dari genset jenis ini dapat Anda simak secara lengkap sebagai berikut ini:

Apa Saja Keunggulan Dan Kekurangan Genset Diesel?

Setiap peralatan terutama yang berhubungan dengan kelistrikan pasti mempunyai keunggulan dan juga kekurangan. Kedua unsur tersebut tidak dapat dihilangkan. Sebelum membahas tentang kekurangan pada genset, sebaiknya lebih dulu penulis bahas tentang keunggulan dari genset diesel. Adapun penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut ini:

  • Tidak boros bahan bakar

Genset jenis ini terkenal sangat irit bahan bakar dimana penggunaan bahan bakar mungkin hanya setengah dari kapasitasnya untuk kerja genset maksimal. Sehingga menggunakan genset ini tidak boros biaya bahan bakar atau lebih hemat biaya.

  • Tahan lama

Keunggulan lain yang juga dimiliki oleh genset dengan jenis ini adalah terkenal awet atau tidak mudah rusak. dimana usia genset akan jauh lebih lama lagi jika perawatan yang dilakukan benar dan sesuai dengan prosedur perawatan genset.

Perawatan genset harus dilakukan secara rutin dan juga menyeluruh. Jangan sampai ada satupun sistem dari genset yang terlewatkan. Lakukan pengecekan secara teliti dan jangan lupa untuk memanasi mesin genset setiap hari.

  • Tidak mudah panas

Keunggulan yang juga sangat penting yaitu mesin genset tidak mudah panas. Sering sekali mesin genset panas ketika digunakan dalam waktu lama. Dimana panas tersebut dapat berakibat buruk mulai dari konslet sampai kebakaran atau menimbulkan ledakan. Keunggulan dari genset jenis ini sistem pendingin dapat bekerja dengan maksimal. Sehingga genset tidak mudah panas meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Setelah membahas kelebihan, saatnya untuk membahas tentang kekurangan dari genset diesel. Apa saja kekurangan genset jenis ini? Berikut ini penjelasan lengkapnya:

  • Suara yang ditimbulkan cukup keras

Genset dengan jenis ini biasanya menggunakan bahan bakar solar, dimana suara yang dihasilkan sangat berisik. Terlebih jika Anda menggunakan genset dengan tipe open sudah pasti suara yang ditimbulkan sangat mengganggu. Sehingga genset dengan jenis ini paling cocok digunakan untuk menunjang kebutuhan listrik industri.

  • Lebih mahal dan ukuran relatif besar

Genset jenis ini rata-rata mempunya ukuran daya yang cukup besar yaitu mulai dari 5 watt sampai dengan 2 juta watt. Dimana semakin besar daya yang dibutuhkan maka harga genset dan ukurannya juga lumayan besar. Untuk genset jenis ini rata-rata harganya jauh lebih mahal. Selain itu ukurannya yang cukup besar membuat genset sangat sulit dibawa kemana-mana dna penyimpananya juga membutuhkan tempat khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *