Tidak Boleh Asal, Berikut Tips Mematikan Mesin Genset Listrik Dengan Benar

Setiap pelanggan akan mendapatkan buku panduan terkait bagaimana cara menghidupkan dan mematikan mesin genset listrik. Sayangnya masih banyak pemilik genset yang tidak membaca buku panduan tersebut. Alhasil proses mematikan mesinnya pun terlihat asal asalan tanpa diketahui jika hal tersebut dapat berakibat fatal. Berikut tips mematikannya dengan benar.

Tips Mematikan Mesin Genset dengan Benar

1. Turunkan Breaker

Layaknya menggunakan peralatan elektronik lainnya, dimana pengguna genset tidak boleh mematikan mesin sembarangan. Menurunkan breaker merupakan langkah pertama yang harus dilakukan dalam rangkaian mematikan mesin genset listrik. Usai memastikan breaker turun, selanjutnya Anda bisa mengosongkan beban secara bertahap terlebih dahulu.

2. Tunggu Mesin Dingin

Ketika breaker sudah mulai turun, sebaiknya tidak mematikan mesin genset listrik begitu saja. Dianjurkan untuk menunggu sekitar 5 hingga 10 menit untuk memastikan mesinnya sedikit lebih dingin usai beroperasi. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mesin. Jika dirasa mesin sudah mulai dingin, Anda bisa melanjutkan langkah mematikan mesinnya.

3. Kontrol Semua Breaker

Tips Mematikan Mesin Genset dengan Benar

Memastikan semua broker telah turun usai memastikan semua breaker telah turun tidak kalah penting dilakukan. Sebab penurunan breaker mempercepat proses pendinginan mesin genset listrik. Kondisi ini membantu memelihara kualitas mesin tetap terjaga, sekaligus turunkan resiko komponen mudah aus akibat kesalahan dalam proses mematikan mesin gensetnya.

4. Simpan Genset

Setelah mesin telah berhenti beroperasi, hal yang perlu dilakukan adalah membersihkannya dari noda maupun kotoran yang tidak sengaja menempel pada mesinnya. Bahkan membersihkan genset termasuk rangkaian perawatan genset yang tidak boleh diabaikan. Dianjurkan melakukan perawatan rutin ini setiap sebelum dan sesudah penggunaan.

Setelah memastikan tidak ada lagi noda maupun kotoran pada genset listrik, selanjutnya adalah menyimpan genset di tempat yang tepat. Simpanlah di tempat yang jauh dari jangkauan anak anak dan memastikan jauh dari sumber air atau pemicu api. Jika harus meletakkannya di luar ruangan, sebaiknya pastikan box canopy tertutup rapat agar air hujan tidak mudah masuk.

Mematikan mesin generator bukanlah hal sepele yang bisa diabaikan begitu saja. Sebab kondisi ini dapat meningkatkan resiko kerusakan pada mesinnya, terutama jika kebiasaan buruk tersebut terus dilakukan. Munculnya kerusakan pada beberapa komponen sehingga mesin tidak dapat bekerja optimal, menjadi pertanda bahwa generator set perlu mendapatkan perawatan.

Tips Jitu Menghidupkan Genset Listrik Yang Benar Dan Tepat

Genset yang memiliki fungsi sebagai sumber penghasil listrik cadangan, membuatnya sangat dibutuhkan di era modern ini. Selain mengetahui tips jitu membeli genset listrik sesuai kebutuhan, mengetahui cara menghidupkan mesinnya dengan benar tidak kalah penting dilakukan. Daripada salah langkah, alangkah baiknya simak ulasan singkat berikut.

Tips hidupkan mesin genset dengan benar

1. Periksa merupakan alat pembangkit listrik cadangan yang membutuhkan bahan bakar agar mesinnya menyala.

Dengan kata lain, mesinnya tidak dapat beroperasi apabila isi tangki bahan bakarnya telah kosong tanpa sisa. Oleh karenanya, Anda harus memeriksa tangki bahan bakar secara rutin baik sebelum dan sesudah menggunakan genset listrik.

2. Periksa Air Radiator, Accu, Oli Mesin

Selain memeriksa ketersediaan bahan bakar dan memastikan kran dalam posisi on, jangan lupa untuk memeriksa air radiator mesinnya terlebih dahulu. Apabila air radiator berada di batas takaran, sebaiknya isi hingga penuh kembali sebelum menyalakan mesinnya. Tidak hanya air radiator, ternyata mengisi air Accu hingga penuh tidak kalah penting dilakukan.

Usai memastikan air radiator dan air Accu genset listrik terisi penuh dan masih berada di atas batas minimum, saatnya untuk memperhatikan bagian oli mesin terlebih dahulu. Jika ketersediaan oli berada di bawah takaran, sebaiknya segera mengisinya kembali hingga penuh. Apabila oli berfungsi sebagai pelapis setiap komponen agar tidak bergesekan secara langsung.

3. Memasang Kabel

Tips hidupkan mesin genset dengan benar

Memasang kabel genset dengan benar, termasuk hal krusial yang harus dilakukan dengan benar. Terdiri dari beberapa kabel, dimana kabel berwarna merah merupakan kutub positif dan kabel berwarna hitam merupakan kutub negatif. Setelah memasang kabelnya dengan tepat, saatnya menaikkan seluruh MCB dengan tepat.

4. Nyalakan Mesinnya

Setelah semua persiapan sudah dilakukan, langkah selanjutnya yaitu mencoba menyalakan mesin genset listrik. Sebelum memberikan beban, alangkah baiknya untuk memanaskan mesinnya terlebih dahulu sekitar 5 hingga 10 menit saja. Selanjutnya adalah memeriksa semua indikator mesin, untuk memastikan semua komponen berfungsi dengan baik.

Mengetahui tips menghidupkan mesin genset tidak kalah penting layaknya memilih tipe generator set yang tepat sesuai kebutuhan. Dengan menyalakan mesinnya sesuai prosedur yang tertera pada buku panduan, membantu mesin bekerja optimal sekaligus menekan resiko kerusakan akibat kelalaian dari penggunanya.

Menilik Alasan Pentingnya Genset Listrik Bagi Perkantoran

Pemadaman listrik masih menjadi mimpi buruk bagi manusia yang hidup di era modern seperti sekarang. Bahkan saat ini, banyak gedung perkantoran yang mengandalkan peralatan canggih di setiap aktivitasnya. Dengan kata lain, genset listrik memiliki peran penting bagi setiap aktivitas perkantoran. Apa sajakah itu ? Simak ulasan singkat berikut.

Pentingnya Genset Bagi Perkantoran

1. Operasional Kantor Tetap Berjalan

Pemadaman listrik secara mendadak dapat terjadi kapanpun akibat beberapa faktor. Kondisi ini sangat merugikan, karena berdampak pada lumpuhnya seluruh kegiatan operasional perkantoran. Alhasil pekerjaan tidak dapat diselesaikan tepat waktu, akibat belum adanya kepastian kapan sumber listrik utama menyala kembali.

Kondisi ini tidak akan terjadi ketika Anda memiliki genset listrik sebagai sumber listrik cadangan. Berkat alat canggih ini, ketersediaan listrik terjamin selama 24 jam penuh dan dapat digunakan kapanpun dibutuhkan. Ketika ketersediaan listrik selalu tersedia, maka seluruh peralatan elektronik dapat bekerja kembali seperti semula.

2. Keamanan Tetap Terjamin

Pentingnya Genset Bagi Perkantoran

Hampir seluruh perkantoran di seluruh dunia, sudah menggunakan peralatan elektronik untuk membantu setiap pekerjaan karyawannya. Bahkan kini sudah hadir sebuah sistem keamanan yang mengandalkan elektronik canggih. Sayangnya fasilitas keamanan lumpuh total akibat sumber daya listrik yang dibutuhkan terputus.

Kondisi ini sangat merugikan seluruh karyawan yang bertugas di sana. Sebab, kondisi tersebut bisa saja dimanfaatkan oleh orang yang kurang bertanggung jawab untuk melancarkan aksinya tanpa ketahuan. Menyadari pentingnya listrik bagi kehidupan, oleh sebab itu penting bagi perkantoran memiliki genset listrik sebagai alternatifnya.

3. Menjaga Keselamatan Setiap Karyawan

Lift termasuk salah satu peralatan elektronik yang dapat ditemukan di perkantoran besar dan bertingkat. Namun lift akan berhenti beroperasi ketika tidak mendapatkan pasokan daya listrik. Kondisi ini sangat membahayakan, terutama jika terdapat penumpang yang terjebak di sana. Sebelum hal tersebut terjadi, tentu saja memiliki genset listrik adalah solusinya.

Di era canggih ini, listrik sudah menjadi sebuah kebutuhan utama bagi masyarakat di seluruh dunia terutama mereka yang bekerja di perkantoran. Tanpa adanya listrik, semua peralatan elektronik tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karenanya, pihak perkantoran harus mempersiapkan setidaknya satu unit genset agar operasional tetap berjalan.

3 Keunggulan Menggunakan Genset Listrik Bagi Pekerja Konstruksi

Genset listrik dikenal sebagai alat pembangkit listrik cadangan bertenaga nuklir yang dapat diandalkan ketika dalam keadaan darurat. Berkat kemampuannya menghasilkan listrik dengan daya tinggi, alat canggih ini pun diklaim mampu datangkan segudang keuntungan bagi para pekerja konstruksi. Berikut beberapa keuntungan menggunakannya.

Keunggulan Genset Bagi Pekerja Konstruksi

1. Sumber Cadangan listrik Bertenaga Nuklir

Hampir seluruh pekerjaan manusia telah dibantu dengan segudang peralatan canggih, tidak terkecuali untuk pekerjaan di bidang konstruksi sekalipun. Setiap peralatan canggih tersebut membutuhkan daya yang cukup besar untuk dapat menggerakkan mesinnya. Namun bagaimana jadinya jika sumber listrik utama terputus secara mendadak ?

Tentu saja kondisi ini mengharuskan Anda untuk mempersiapkan genset listrik sebagai sumber cadangan listrik. Mampu menghasilkan daya bertenaga nuklir, alhasil segala pekerjaan dapat berlangsung dengan lancar sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Sehingga Anda tidak perlu cemas akan penerapannya.

2. Menyalakan Lampu Penerangan

Keunggulan Genset Bagi Pekerja Konstruksi

Mampu menyalakan lampu penerangan saat langit mulai gelap, merupakan keuntungan lain dari menggunakan genset listrik. Ketika sumber penerangan tersedia selama 24 jam penuh, maka para pekerja konstruksi dapat melakukan tugasnya dengan maksimal setiap waktu. Sebab lampu penerangan tidak hanya dibutuhkan saat malam tiba, namun lampu penerangan juga di siang hari.

Cahaya penerangan lampu, membantu pekerja konstruksi melihat lebih jelas setiap sudut bangunan dengan baik. Secara tidak langsung, ketersediaan genset listrik membantu mempercepat proses pekerjaan konstruksi sekaligus tingkatkan kesalahan. Menyiapkan genset di setiap proyek konstruksi, alhasil Anda tidak akan panik ketika sumber listrik utama terputus.

3. Produktivitas Tetap Terjaga

Ketersediaan listrik sangat dibutuhkan oleh para pekerja konstruksi. Sebab kondisi sumber listrik utama, maka otomatis semua pekerjaan menjadi lumpuh seketika. Namun kondisi ini tidak akan terjadi ketika sudah mempersiapkan genset listrik. Ketersediaan listrik tetap terjaga kapanpun dibutuhkan, menjadi pertimbangan matang pentingnya memiliki genset.

Pekerjaan konstruksi tidak bisa lepas dengan penggunaan peralatan elektronik. Untuk menggerakkan setiap komponen mesinnya, tentu saja diperlukan daya listrik yang cukup besar dibandingkan dengan peralatan elektronik lainnya. Inilah alasan mengapa di setiap proyek konstruksi dibutuhkan genset sebagai antisipasi terputusnya arus listrik mendadak.

3 Manfaat Genset Listrik Bagi Kehidupan Manusia, Anda Wajib Tahu

Hidup di era canggih ini, berhasil menyadarkan masyarakat pentingnya kehadiran genset listrik dalam kehidupannya. Hal ini mulai terasa,mengingat hampir seluruh pekerjaan manusia telah mengandalkan peralatan elektronik. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari genset bagi kehidupan manusia ? Berikut ulasannya.

Manfaat Genset Bagi Kehidupan Manusia

1. Daya Listrik Cadangan

Pemadaman listrik masih kerap terjadi beberapa daerah di tanah air. Keluhan tersebut masih menjadi momok menakutkan terutama bagi masyarakat yang tinggal di era urban seperti sekarang. Pasalnya hampir seluruh pekerjaan manusia mengandalkan peralatan elektronik. Apabila sumber listrik terputus, secara otomatis melumpuhkan segala pekerjaan di saat bersamaan.

Kondisi ini diperparah dengan tidak adanya pemberitahuan kapan sumber listrik utama akan menyala kembali. Selain menghentikan setiap aktivitas, kondisi ini juga dapat meningkatkan kerusakan pada peralatan elektronik Anda. Namun kondisi tersebut tidak akan terjadi ketika Anda telah memiliki genset listrik sebagai sumber listrik cadangan.

2. Produktivitas Tetap Terjaga

Manfaat Genset Bagi Kehidupan Manusia

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap pekerjaan manusia masa kini telah bergantung dengan peralatan canggih. Dengan hadirnya genset listrik, secara otomatis ketersediaan listrik terpenuhi selama 24 jam penuh. Alhasil semua pekerjaan tetap berjalan sebagaimana mestinya tanpa tersendat akibat terputusnya arus listrik utama.

3. Dapat Diandalkan Saat Darurat

Listrik masuk dalam daftar kebutuhan utama manusia di era canggih ini. Bayangkan apa yang terjadi ketika sambungan listrik di beberapa bangunan seperti rumah sakit terputus mendadak ? Tentu saja kondisi ini sangat mengkhawatirkan, mengingat hampir seluruh peralatan medis membutuhkan aliran listrik untuk beroperasi.

Bahkan pada kondisi yang parah, seorang pasien bisa hidup dengan didukung dengan peralatan canggih tersebut. Oleh karenanya, pihak rumah sakit harus memastikan jika sumber daya listrik selalu tersedia dengan menyiapkan genset listrik. Hal ini juga berlaku bagi peralatan rumah tangga seperti kulkas yang harus selalu menyala agar es dan bahan makanan tetap segar.

Dewasa ini, memiliki genset sudah menjadi sebuah kewajiban yang harus dipenuhi dari jauh hari sebelum terjadi pemadaman mendadak. Keunggulannya yang mampu menghasilkan daya listrik bertenaga nuklir, membuatnya dapat diandalkan sebagai daya listrik cadangan di saat darurat. Temukan genset idaman Anda dan dapatkan keuntungannya sekarang juga.

Ketahui 2 Bagian Utama Dari AVR Generator Berikut Ini

Perihal seputar AVR Generator terbaik kiranya memang merupakan hal yang sedang hangat menjadi topik perbincangan belakangan ini. Utamanya oleh mereka yang sedang membicarakan seputar genset, karena memang AVR sendiri merupakan salah satu komponen yang erat kaitannya dengan genset. Tetapi berbeda dengan komponen lainnya yang kiranya hanya pelengkap, keberadaan AVR genset justru cukup krusial.

Karena krusial itulah yang membuat banyak orang yang semakin penasaran mengenai segala hal tentang AVR generator terbaru. Untunglah sudah semakin banyak saja pihak yang menyediakan informasi bermanfaat terkait AVR genset seperti halnya artikel yang sedang pembaca sekalian simak ini.

Pembahasan kali ini akan mengangkat tentang 2 bagian utama dari AVR generator yang kiranya akan amat sangat penting untuk diketahui. Pasalnya karena merupakan bagian utama maka sudah semestinya menjadi bagian yang terlebih dahulu diketahui, utamanya bagi siapa saja yang masih awam dengan AVR genset.

Adapun dua bagian utama yang dimaksud dalam AVR generator adalah bagian terminal input AVR dan terminal output AVR. Masing-masing dari kedua bagian utama tersebut memiliki fungsi yang berbeda, dimana beberapa diantaranya dikenal sebagai fungsi utama dari adanya AVR genset.

Pada bagian terminal input AVR, fungsi yang pertama adalah untuk menjadi suplai tegangan bagi AVR itu sendiri. Fungsi satu ini biasa disebut pula dengan istilah input voltage bagi AVR. Kemudian fungsi yang kedua dari bagian terminal input adalah sebagai sensing alias pembanding yang penting dalam mengetahui kondisi tegangan jatuh maupun tegangan berlebih. Terakhir dari bagian terminal input yaitu sebagai parameter.

Dari bagian terminal output juga pada dasarnya memiliki fungsi yang tak jauh berbeda. Karena fungsi yang pertama yaitu sebagai kontrol juga terutama untuk kontrol keluar. Sedangkan yang menjadi pembeda adalah fungsinya sebagai commander alias perintah.

Itulah kedua bagian utama dari AVR generator yang kiranya benar-benar penting untuk diketahui terlebih dahulu. Semoga paparan di atas cukup mudah dipahami sehingga dapat benar-benar terasa manfaatnya. Meskipun memang harus diakui bahwa perihal teknis semacam ini bukan hal yang cukup mudah untuk dipahami.